Kuncara Ruming Bangsa Dumunung Haneng Luhuring Budaya

KERIS SEBAGAI BUDAYA SENJATA TRADISIONAL INDONESIA

Keris atau duwung dan disebut juga curiga , salah satu jenis pusaka atau tosan aji ( tosan - besi, aji dihormati karena dianggap bertuah ). Keris adalah senjata yang dianggap bertuah dan keramat. Keris disamping diyakini benda bertuah dan keramat, juga sering dikaitkan dengan adanya kekuatan gaib. Oleh karena itu dalam kehidupan sosial masyarakat dipandang sebagai pusaka.

PANDANGAN MASYARAKAT

Pandangan sebagian masyarakat (Jawa)terhadap keris akan selalu dikaitkan dengan soal gaib, suatu isyarat yang bersal dari Yang Maha Gaib. Keberadaan keris sebagai karya budi dan daya manusia, woh pangolahing budi lahir lan batin (bhs: Jawa).
Berdasarkan cerita mitos, cerita sejarah dan cerita rakyat yang pada umumnya diyakini mempunyai kekuatan diluar kemampuan manusia (kekuatan gaib). Di luar akal, ada kekuasan yang adikodrati atau kesaktian. Keyakinan masyarakat yang lahir dan berkembang disemua individu masyarakat khususnya Jawa, meunjukkan bahwakeris mempunyai fungsi sangat erat dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.
Dengan diterimanya penghargaan UNESCO bahwa keris Nusantara sebagai Karya Agung Warisan Budaya Tak Benda Manusia, kita bangsa Indonesia khususnya pecinta Keris dituntut lebih mengenal , memahami, dan melestarikan keris sebagai aset bangsa Indonesia dan salah satu Budaya Unggulan Dunia.

0 comments: